Langsung ke konten utama

KEARIFAN LOKAL DI KTH ALUE SIMANTOK


Sufriadi, Penyuluh Kehutanan Muda, 19 Februari 2023, Pelaksanaan Kegiatan Kenduri Glee lll KTH Alue Simantok pada tanggal 18-19 Februari 2023 dilokasi Blok ll Alue Batee Meuasah berjalan dengan Sukses. Pada Acara  yang berlangsung selama 2 hari ini dengan agenda utama Doa bersama yang dipimpin oleh Abi Fadhli dan Tgk Lukmanul dari Dayah Alziziyah Meunasah Krueng Peudada.

Pada sesi diskusi yang berlangsung mulai Sabtu, malam Minggu dan hari Minggu yang membahas tentang pengelolaan HKm Alue Simantok kedepan dibidang pengembangan Jernang dan Pariwisata. Pada sesi diskusi ini turut dihadiri oleh WRI Indonesia, Biro Ekonomi Aceh, Pusat Riset dan Penelitian Kehutanan USK Banda Aceh, BKPH Meureudu, Dinas Pariwisata dan Olah Raga Bireuen, Dinas Perkebunan Bireuen, Bapeda Bireuen, Penyuluh Kehutanan Bireuen, Koordinator Penyuluh Kehutanan Bireuen, Camat Peudada, Anggota DPRK Bireuen Fraksi PAN, Perangkat Gampong Hagu, dan Tokoh tokoh masyarakat Peudada. 

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Tokoh Kehutanan Bireuen Bapak Dailami S.Hut yang sekaran menjabat sebagai asisten ll Setda Bireuen.

Akses Jalan Menuju Lokasi Acara Kenduri Glee lll Alue Simantok

Pada acara yang berlangsung khitmad di tengah belantara Peudada, Perwakilan dari lembaga pemerintah turut serta meninjau lokasi situs Putro Duson, batu Sajadah dan Air Terjun Putro Duson walaupun dalam suasana hujan. Dan pada diskusi ada beberi poin yang dapat disimpulkan diantaranya menyangkut dukungan pemerintah daerah dalam pengembangan ekowisata di Alue Simantok, Pengkajian tentang jernang Alue Simantok oleh USK, Jalan dan Prasarana pendukung lain serta penguatan kelembagaan dari WRI Indonesia sehingga Alue Simantok kelak mampu menggapai impian dan cita cita mereka.

Air Terjun Kulam Putro 

Semoga dukungan terus mengalir, Bujangan Kota (Budidaya Jernang dan Ekowisata) Alue Simantok Peudada Bireuen Aceh dapat terwujud.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGGARAN DASAR (AD) KELOMPOK TANI HUTAN (KTH)

A NG G A R A N D A S A R (AD) KEL O MP O K T A NI HUTAN Pasal 1 a.          Na m a Kel o m pok Tani Hutan   : SILVA LESTARI b.         Ke l o m pok Tani Hutan Silva Lestari d i bentuk pada tanggal Delapan bulan Januari tahun Dua Ribu tiga Belas c.          Keduduk a n K e l o m pok Tani Hutan di Ka m pung/Dus u n Paya Chueng Desa Meunasah Alue Kec a m atan Jeunieb Kabupaten Bireuen d.         Si f at K e l o m pok T a ni         : 1)       M an di ri 2)       Kes w aday a an 3)       Kegot o ng-royongan 4)       M e m bangu n usah a b e rsa m a m ela l u i w ada h K elo m po k Ta n i Hutan. Pasal 2 a.          Azas kelompok tani Hutan berdasarkan Pancasila b.         Tujuan jangka panjang kelompok tani hutan adalah membangun kualitas kesejahteraan hidup bersama untuk   masa kini dan masa depan melalui kegiatan Aneka Usaha Kehutanan (AUK) dengan berwawasan konservasi tanah dan air. c.          Kelo m po k sasara n kelo m

KUNJUNGAN BELAJAR DAN PARTISIPASI KELOMPOK PS ACEH KE PENAS 2023 PADANG

Pelepasan Kelompok Perhutanan Sosial oleh Kadis LHK Aceh untuk Kunjungan Belajar dan Partisipasi di Penas 2023 Padang PADANG – Pekan Nasional Petani Nelayan Indonesia (PENAS) XVI yang di laksanakan selama sepekan mulai Tanggal 10-15 Juni 2023 di Sumatera Barat Padang dan dibuka oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo yang diwakili oleh Menteri Perekononimian RI  PENAS ini merupakan ajang pameran yang di ikuti oleh Kelompok Tani Nelayan se-Indonesia untuk memamerkan pruduk produk dari Kelompok Tani baik dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan maupun produk kehutanan. Ketua KPS Alue Simantok Azhari Ajalil dengan Produk andalannya berupa Madu Hutan dan Jernang di Stand Aceh Dalam kesempatan ini Kelompok Perhutanan Sosial (KPS) Alue Simantok Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen di berikan kesempatan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (DLHK) Provinsi Aceh menjadi salah satu peserta dalam ajang PENAS ke-XVI 2023 ini yang difasilitasi oleh WRI Indonesia. Produk yang di tampilkan oleh K

JERNANG KTH ALUE SEUMANTOK

Minggu, 25 Februari 2018. Demi menjaga hutan tetap lestari, kelompok Tani Alue Seumantok Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen yang diketuai oleh Azhar Ajalil dan didampingi oleh Penyuluh Kehutanan Lapangan BKPH Meureudu, Sufriadi, SP. berusaha keras menanam dan memelihara jernang. Bagi Kelompok Tani Hutan Alue Seumantok, jernang adalah buah kehidupan. Jika hutan masih bisa ditumbuhi jernang, artinya hutan itu masih alami. Sebaliknya jika tidak, hutan tersebut sama saja telah mati. Berikut kegiatan KTH Alue Semantok yang terus mengembangkan diri untuk tetap mandiri. Papan Nama KTH Gubuk Derita di Lokasi KTH Penyuluh Kehutanan Lapangan BKPH Meureued Istirahat sejenah setelah seharian menjelajahi Lokasi KTH Buah Jernang Papan Nama Kebun Bibit Jernang